Aplikasi layanan video streaming saat ini semakin populer setelah sejumlah operator seluler meluncurkan layanan internet berkuota besar hingga unlimited ditambah dengan bundling dengan beragam promosinya yang tentunya sangat memanjakan kita sebagai pengguna. Beberapa layanan operator tersebut diantaranya:

  • XL Axiata dengan Tribe menyajikan Film dan Serial Televisi populer di Asia dengan beragam genre seperti Horor, Komedi, Aksi dan Petualangan. Yang paling terasa adalah begitu banyak film dan serial televisi Drama Korea di aplikasi ini. Sebut saja W-Two Worlds, Shopaholic Louis, Breeze of Love, Jewel in the Palace dan Breeze of Love. tribe juga menyajikan Live TV untuk channel Oh! K, tvN, Fox Sports dan Nerf This! Layanan ini dapat dinikmati dengan biaya langganan sebesar 25.000 Rupiah per bulan.
  • Indosat Ooredoo dengan Iflix menyuguhkan beragam serial televisi dan film populer Asia dan Hollywood seperti The Vampire Diaries, Supernatural, How I mMet Your Mother, Mr Robot, The Flash, Gotham dan Prison Break. Koleksi film dan serial TV di dominasi oleh Asia dan Hollywood. Saat ini Indosat Ooredoo sedang bekerja sama dengan Iflix dengan memberikan trial gratis selama 3 hingga 6 bulan, tergantung pada paket data yang digunakan oleh pengguna.
  • Telkomsel sebagai media promosinya bekerja sama dengan Hooq memberikan tayangan eksklusif  seperti Ada Apa Dengan Cinta, Supergirl, The Legends of Tomorrow, Lucifer, Surat dari Praha dan Filosofi Kopi, selain episode baru sejumlah serial Hollywood yang sedang banyak digemari seperti The Flash, Gotham dan Scandal.
  • Google Chromecast bekerja sama dengan perusahaan lokal Genflix memberikan paket berlangganan Paket Maxi gratis selama 3 bulan untuk pembelian Google Chromecast di Lazada Indonesia. Berbagai film lokal dan internasional bisa dinikmati melalui Genflix, diantaranya Lamaran, Siti, Wewe, Bridget Joness Diary, The Others, Shutter dan Legally Blonde. Aplikasi ini juga menyajikan live streaming untuk Bein Sports 1, 2 dan 3 juga Animax, termasuk Video on Demand dari keempat stasiun televisi tadi.

google-chromecast-lazada-indonesia

Selain aplikasi bundling dan berbayar tadi, ada banyak aplikasi lainnya yang bisa kita unduh dan install untuk menonton beragam siaran televisi maupun film favorit langsung dari smartphone kita. Berikut ini adalah sebagian aplikasi yang berfungsi dengan baik sebagai alternatif untuk menonton siaran televisi dan film-film baik lokal maupun internasional.

01-crackle-crunchroll-filmon

Crackle (VPN US) menyajikan banyak pilihan film dan serial TV Holywood dengan berbagai genre seperti Action, Comedy, Thriller dan Anime. The Interview, Abduction, Cruel Intention dan A Few Good Men adalah beberapa diantaranya.

Crunchyroll merupakan sumber untuk berbagai pilihan Anime yang tersedia secara gratis. Naruto Shippuden, Dragon Ball Super, One Piece dan Hunter X Hunter tersedia dengan gratis.

FilmOn Television banyak menyajikan siaran televisi dari Inggris, ITV, BBC dan E4 adalah beberapa diantaranya. Aplikasi ini juga bisa menampilkan jadwal acara dari setiap kanal yang ada, semuanya bisa dinikmati dengan gratis untuk resolusi HD dan memberikan pilihan berbayar untuk kualitas HD.

02-fmx-freetv-moviebay

FirstMedia X merupakan layanan tambahan dari pelanggan FirstMedia, Big TV atau Bolt! dimana pelanggan dapat menikmati berbagai kanal televisi secara gratis untuk sebagian kanalnya dan berbayar untuk Video On Demand (VOD) dan beberapa kanal premium.

Free TV menyajikan beragam konten mulai dari Berita, Talk Shows, Musik, Hiburan, Olah Raga dan berbagai tayangan gaya hidup yang dengan mudah bisa dipilih. Tak ketinggalan tayangan untuk anak-anak dan remaja.

Moviebay adalah aplikasi yang sebelumnya bernama Indovision Anywhere yang dikeluarkan oleh MNC Sky Vision atau yang produknya dikenal dengan Indovision, Top TV dan Okevision. Aplikasi ini menyajikan tayangan live streaming secara gratis untuk televisi lokal seperti RCTI, Global TV, MNC TV, iNews, Indosiar, SCTV, Trans TV, Trans 7 dan tayangan yang sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh pelanggan seperti MNC Entertainment, MNC Fashion, MNC Infotainment dan Auto & Gadget. Selain itu, Moviebay juga menyajikan berbagai film Holywood, FTV dan serial TV yang pernah tayang di jaringan televisi MNC Group, seperti OB dan Keluarga Cemara.

03-plutotv-popcornflix-tubitv

Pluto TV (VPN US) merupakan One Stop Entertainment yang menyuguhkan berbagai video dari berbagai kategori, seperti berita, hiburan dan musik. Pada aplikasi ini juga berbagai kanal musik dari musisi favorit tersedia 24 jam secara gratis, sebut  saja Justin Timberlake, Katy Perry dan Madonna, semuanya bisa dinikmati langsung dari gadget kita.

Popcornflix (VPN US) banyak menyuguhkan berbagai film yang jauh dari kategori Box Office, hal ini bisa menjadi pilihan jika bosan dengan film-film kategori mainstream.

Tubi TV juga banyak menyajikan tayangan anti-mainstream, bahkan ada kategori Not on Netflix, Black Television & Cinema dan Highly Rated on Rotten Tomatoes. Penasaran? Silahkan unduh dan pilih sendiri berbagai kategori tersebut.

04-viewster-viki-zulu

Viewster mirip dengan Crunchyroll yang banyak menyajikan pilihan untuk Anime asal Korea dan Jepang, sangat cocok untuk penggemar animasi asia.

Viki merupakan salah satu aplikasi yang menawarkan film dan serial televisi asia, terutama Korea. Berbagai pilihan judul bisa langsung dinikmati secara gratis.

Zulu adalah sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh NET Mediatama, berbagai serial televisi dan tayangan di NET TV bisa dinikmati melalui streaming di aplikasi ini. Catatan si Boy The Series, The Remix 2016, Kesempurnaan Cinta, Ini Talkshow dan Tonight Show tersedia dengan gratis, langsung dari smartphone.

Aplikasi mana yang terbaik? Menurut saya semua aplikasi tadi mempunyai segmentasi tersendiri dan bisa dipilih sesuai dengan diinginkan, semuanya dapat dinikmati dengan mudah dan gratis.

Selamat menonton tayangan favorit langsung di smartphone 🙂