Film bisa dijadiin alibi waktu kita lagi galau atau sedih dan ga mau ketauan.

Film bisa juga jadi penyemangat waktu kita lagi down, dan film bisa juga jadi sumber inspirasi untuk dapetin gebetan yang lagi kita incer.

Film memang sudah jadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita, hampir setiap minggu ada film baru tayang di bioskop dan setiap hari kita dijejali serial televisi yang bisa jadi bikin kita ketagihan untuk mengikutinya sampai selesai.



Di era internet sekarang ini, sudah tidak ada batasan lagi untuk menikmati film atau serial televisi, banyak situs menawarkan nonton film online, baik yang gratis maupun berbayar. Begitu mudahnya file digital beredar dan untuk diunduh baik melalui server atau email yang membuat pembajakan semakin tidak terbendung lagi. Nonton film tidak lagi harus melalui media DVD atau Blu-Ray di rumah pada televisi, namun kini kita bisa nonton film online dengan memanfaatkan jaringan internet melalui data seluler ataupun Wi-fi.

Dari begitu banyak situs yang menyediakan nonton film online, berikut diantaranya yang dari pengalaman selama ini bisa langsung diakses tanpa perlu registrasi dan sistem keanggotaan sehingga bisa langsung diakses dari smartphone maupun komputer yang terhubung ke jaringan internet.

Nonton.com

Merupakan situs lokal yang bekerjasama dengan pihak yang memegang hak tayang dari film-film yang ditayangkan di situs ini. Film dan serial televisi dapat dengan mudah diakses melalui browser tanpa perlu registrasi. Tak hanya film lokal, namun film hollywood pun bisa dipilih dan ditonton sesuai dengan keinginan kita.

nonton-film-online-gratis-bebas-ribet-indonesia

Viki.com

Situs ini memberikan lebih banyak pilihan, terutama serial drama asia dari Jepang, Korea hingga India termasuk Indonesia dan juga serial dari Amerika. Viki.com memberikan pilihan berlangganan untuk memastikan film yang ditonton bebas iklan, sebuah pilihan demi kenyamanan penggunanya.

nonton-film-online-gratis-bebas-ribet-viki

Dengan semakin mudahnya mengakses informasi dan film secara online, keterbatasan geografis bukan lagi menjadi halangan, bahkan film dan serial tertentu sudah dilengkapi dengan teks berbahasa Indonesia. Yang perlu dipastikan adalah kekuatan sinyal yang baik agar gambar tidak putus-putus dengan kualitas yang baik sehingga nyaman untuk ditonton.

nonton-film-online-gratis-bebas-ribet-viki-asia

Situs ini juga menyediakan channel lokal dari musisi Indonesia seperti AgnezMo, Bunga Citra Lestari, Ari Lasso dan juga menampilkan serial Film Televisi.

nonton-film-online-gratis-bebas-ribet-viki-indonesia

Selain kedua situs tadi, penggemar serial dari Amerika dan Inggris dapat mengikuti serial televisi favoritnya dari situs WatchSeriesHD.eu dan WatchSeries.lt yang juga menyajikan serial favorit dari A sampai Z secara lengkap pada situsnya. Konten yang gratis harus dibayar dengan banyaknya iklan setiap kali kita menekan link yang ada di situsnya, namun bagi yang tidak ada masalah dengan hal tadi, situs tersebut bagaikan perpustakaan bagi penggemar serial televisi. Kita hanya perlu memilih dan memainkannya secara langsung pada browser.

Mengenai hak cipta? Mereka berdalih hanya menyajikan link ke server tempat film berada, dan permasalahan hukum diserahkan pada pengunggah konten ke server. Di tengah pro kontra tadi, bagaimanapun semua hal tersebut menyajikan kita banyak pilihan, legal atau ilegal? gratis atau berbayar? keputusannya ada pada kita sebagai pengguna.

Bagi saya sendiri, untuk sebuah film atau serial favorit yang layak di koleksi, tidak ada masalah untuk membeli yang original, sebagai bentuk dari apresiasi sebuah karya seni yang tentunya akan mendorong industri film dan televisi ke arah yang positif.