Masih seputar lensa normal atau lensa fix 50mm f1.8 favorit saya, kali ini saya akan membagi 5 tips belajar fotografi untuk memotret pelari dengan menggunakan lensa ini. Alasannya karena dengan menggunakan bukaan lebar di f1.8 akan terlihat efek bokeh pada hasil foto sehingga terlihat fokus pada sang pelari dan foto terlihat lebih dramatis karena memang menonjolkan pelari tersebut sebagai subjeknya.

Lensa Fix = Repot?

Hal tersebut adalah salah satu alasan fotografer untuk tidak menggunakannya, sebabnya adalah tidak adanya perbesaran pada kamera ini yang membuat seakan-akan penggunaannya terbatas. Faktanya, untuk memotret objek yang bergerak mendekat, penggunaan zoom pada kamera juga merepotkan, karena selain perlu mengatur komposisi, kamera juga akan terus mencari titik fokus pada objek yang bergerak mendekat. Jadi dalam hal ini saya pilih yang kerepotannya lebih sedikit.

Iso Rendah + Kecepatan Shutter Tinggi

Umumnya event lari dilaksanakan di pagi hari menjelang siang, oleh karenanya saat cuaca cerah gunakan iso yang paling rendah (ISO-100) dan kecepatan yang tinggi. Untuk memotret pelari gunakan mode manual agar kecepatan rana dapat diatur untuk mengompensasi bukaan f1.8, gunakan minimal kecepatan 1/250 atau lebih tinggi jika memungkinkan, naikkan iso jika kecepatan ini belum tercapai.

Atur Komposisi

Karena menggunakan lensa fix tanpa perbesaran, mengatur komposisi menjadi sangat penting, bidik objek saat masih jauh dari kamera hingga mendekat. Dengan demikian pelari yang tertangkap oleh kamera mempunyai banyak variasi, full-body, half-body dan close-up.

Multiple Shot

Gunakan multiple shot pada kamera untuk mendapatkan sebanyak mungkin gambar dengan sekali tekan.

A photo posted by Rizky Ardianto (@rizkyardianto) on

Fokus di Satu Titik

Memfokuskan objek di satu titik sangat berguna pada objek yang bergerak karena kontrol ada di tangan kita dan bukan di kamera. Menggunakan fokus di banyak titik dapat membuat kamera salah mengambil fokus dan tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Berikut ini beberapa foto pilihan dari acara lari Run for Love yang diselenggarakan oleh fX Sudirman dan The Urban Mama. Untuk foto seluruh badan, efek bokeh masih terlihat karena menggunakan bukaan lebar di f1.8 sedangkan pada foto close-up lebih terlihat dengan jelas.

galeri-foto-event-lari-indonesia

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.