Senja.

Bagi seorang fotografer, memotret momen matahari terbenam mempunyai tantangan tersendiri. Seringkali kita sudah lama menunggu namun karena sibuk mengutak-atik setelan yang pas, senja sudah lewat, matahari terbenam dan langit sudah gelap. Tidak ada salahnya untuk terus berbagi dan belajar fotografi, berikut ini 5 tips memotret senja yang bisa dicoba.

1. Datang Lebih Pagi dan Atur Komposisi

Agar momen tidak terlewat, datang lebih pagi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. Tes beberapa tempat dan bayangkan hasilnya jika komposisi tersebut diambil saat matahari terbenam. Hal ini dilakukan agar saat hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan, kita bisa dengan cepat berganti tempat dan komposisi, sehingga lebih banyak foto yang diambil.

pelabuhan-sunda-kelapa-jakarta

2. Horizon

Saat mengambil foto pemandangan, sebaiknya di jaga agar garis horison tetap mendatar, terutama jika mengambil foto gunung atau laut. Hal ini diperlukan karena secara psikologis foto tersebut sesuai dengan logika otak kita sehingga gambarnya bisa langsung dinikmati dan menghasilkan kesan nyaman.

jakarta
pulau-kemaro
3. Bayangan

Menjadikan objek sebagai siluet bisa menjadikan foto senja yang diambil menjadi lebih menarik, gunakan objek ini sebagai penghalang matahari.

desa-sawarna

desa-sawarna-couch-surfing
4. Gelap Lebih Baik Daripada Terang


Memotret bayangan senja dengan kondisi under exposure  lebih baik daripada terang. Karena informasi warna yang tertangkap sensor kamera lebih banyak tersimpan sehingga warnanya masih bisa dikuatkan dengan aplikasi. Lain halnya jika terlalu terang akan banyak warna putih yang terekam.

Mengambil dengan kualitas RAW dapat menjadi solusi yang bisa dipilih karena semua informasi warna dan kondisi pencahayaan tersimpan di dalamnya, nantinya hasil dari RAW tersebut bisa diolah dengan perangkat lunak di komputer atau aplikasi lainnya.

jembatan-ampera-palembang

5. Gunakan Aperture Kecil

Berbeda dengan fotografi portraiture yang lebih fokus ke wajah model, dalam fotografi landscape atau pemandangan, sebaiknya dipilih Aperture Kecil (F-besar) untuk mendapatkan gambar yang tajam dengan banyak informasi warna yang terekam. Gunakan tripod untuk mendapatkan hasil yang tajam dan stabil.

ancol

Tips ini juga bisa diaplikasikan untuk memotret matahari terbit, seperti suasana fajar berikut di Gunung Bromo, Jawa Timur.

gunung-bromo

Semua foto di atas diambil dengan menggunakan Canon Camera EOS 450D.

Salam, Semoga bermanfaat.