Untuk terus memanjakan pengguna internet di seluruh dunia, Opera meluncurkan sebuah layanan Virtual Private Network atau VPN secara gratis, yang akan sangat membantu kita untuk mengatasi batasan regional untuk mengakses internet. Misalnya saat berada di Cina, dengan menggunakan provider internet disana, sangat sulit mengakses situs Google, Facebook, Blogspot dan banyak lagi kategori lainnya yang dilarang oleh pemerintah. Agar tetap dapat mengakses situs tersebut diperlukan VPN untuk mengalihkan secara virtual lokasi kita yang sebenarnya.

opera-vpn

Akses VPN yang biasanya berbayar dan mahal kini bisa dinikmati oleh semua pengguna internet secara gratis dan mudah, tanpa diperlukan registrasi dan proses login yang rumit. Untuk dapat menikmati layanan ini kita hanya perlu mengunduh dan menginstall aplikasi Opera Browser yang telah tersedia VPN di dalamnya. Kita hanya perlu mengaktifkan di menu pengaturan.

Lalu bagaimana dengan pengguna smartphone? bisakah mendapatkan layanan serupa?

Jawabannya adalah, bisa banget!

Untuk pengguna Android dan iOS, Opera juga menyediakan aplikasi yang dapat dengan mudah kita unduh dan install. Setelah tersedia di smartphone, kita hanya perlu mengaktifkannya tanpa perlu mengatur apa-apa. Secara default aplikasi ini akan memilih lokasi terdekat dengan posisi kita, namun kita juga tetap dapat memilih negara lain yang tersedia sewaktu-waktu jika diperlukan.

Dengan layanan ini, sekarang kita bisa mengakses berbagai layanan yang sebelumnya hanya bisa diakses jika berada di negara tertentu, misalnya aplikasi Crackle dan Pluto TV berikut yang hanya bisa dinikmati oleh pengguna aplikasi di Amerika Serikat. Dengan Opera VPN kita bisa memilih lokasi di Amerika Serikat dan menjalankan aplikasi tersebut dengan sangat mudah.

crackle-free-tv

Dengan aplikasi Crackle, kita bisa menikmati beragam video secara streaming langsung di smartphone kita atau meneruskan ke TV dengan menggunakan Google Chromecast. Beberapa serial televisi populer diantaranya adalah I Dream of Jeannie, Marvel: Iron Man, Marvel: Wolverine, Rurouni Kenshin, Sheena, The Shield, VIP dan Super Mansion. Sementara untuk film tersedia juga secara gratis, seperti The Interview, 50 First Dates, 8 MM, Abduction dan Big Daddy.

pluto-tv-free

Serupa dengan Crackle, Pluto TV yang seharusnya hanya bisa dinikmati oleh pengguna di Amerika Serikat, dengan menggunakan Opera VPN ini dapat dengan mudah kita nikmati melalui layar smartphone ataupun di teruskan ke TV dengan menggunakan Google Chromecast. Beragam kategori seperti Berita, Teknologi, Olah Raga, Komedi, Aksi dan Petualangan, juga Drama hingga Kartun dan Animasi dapat dinikmati langsung tanpa terkendala oleh batasan regional.