Di tengah pembajakan musik, film dan format digital lainnya yang memungkinkan pengguna internet untuk download lagu bajakan, Apple meluncurkan layanan terbarunya, Apple Music. Peluncuran ini bersamaan dengan perangkat lunak terbaru iOS 8.4 yang kini telah tersedia di semua perangkat yang sebelumnya mendukung iOS 8 seperti iPhone 4S, iPad 2, hingga produk terbaru iPhone 6 Plus. Layanan ini akan merubah pengalaman kita dalam mendengarkan musik dan berinteraksi dengan musisi dan pada akhirnya tetap mendukung kreatifitas musisi untuk terus berkarya.

apple-music

Format digital dan koneksi internet yang semakin cepat turut mendukung Apple Music, kualitas suara yang ditawarkan oleh Apple yang sudah terkenal pro terhadap perkembangan musik tidak perlu diragukan lagi.

download-lagu-apple-music (12)Taylor Swift sebagai musisi ternama juga turut ambil bagian dari program ini, meskipun sebelumnya dia berencana untuk menarik diri, setelah mengirim surat berjudul To Apple, Love Taylor akhirnya Apple menanggapinya secara positif dan dia tetap menjadi bagian dari Apple Music. Kegelisahannya ada pada skema pembayaran bagi musisi yang baru merintis karir di industri musik.

This is not about me. Thankfully I am on my fifth album and can support myself, my band, crew, and entire management team by playing live shows. This is about the new artist or band that has just released their first single and will not be paid for its success. To Apple, Love Taylor

dukungan-perangkat

Apple Music dapat dinikmati oleh pengguna iOS 8.4, watchOS, iTunes dan segera tersedia untuk perangkat Android. Dukungan perangkat yang tersedia secara luas di pasaran tentunya membuat kebutuhan kita akan musik semakin maksimal.

Save big on top tech magazines.

download-lagu-apple-music (14)Apple Music tersedia secara gratis selama 3 bulan pertama masa percobaan dan selanjutnya akan dibebankan biaya bulanan sebesar 69 Ribu per bulan untuk 1 account atau 109 Ribu per bulan untuk account family sharing hingga 6 orang. Musisi Indonesia seperti Raisa, HiVi, Utopia, Judika, dan Slank hadir di Apple Music. Tak ketinggalan pula musisi dunia seperti Taylor Swift, Maroon 5, Sam Smith dan One Direction telah tersedia baik untuk dinikmati secara online melalui streaming atau offline dengan mengunduh lagunya.

Dengan berlangganan, kita bisa streaming dan download lagu sehingga keseluruhan lagu favorit bisa didengarkan secara offline. Saat ini disebutkan tersedia 25 Ribu lagu yang bisa dinikmati dan akan terus bertambah dalam waktu dekat.

beats-radio

Selain layanan musik, Apple juga meluncurkan Beats 1 Radio yang merupakan siaran radio 24 jam 7 hari seminggu dari 3 studio di Los Angeles, New York dan London. Dengan Beats 1 Radio ini tidak ada lagi kebosanan atau mati gaya karena sepanjang hari akan ditemani dengan lagu-lagu favorit.

connect-apple-music

Layanan yang terakhir adalah Connect, dimana musisi dan fans bisa berinteraksi melalui aplikasi Apple Music. Demo Track, Accoustic Version, dan Video Shot adalah beberapa hal yang ditawarkan untuk penggunanya.

download-lagu-apple-music (13)Foto-foto video konser misalnya yang jarang kita lihat sebelumnya bisa dilihat dan fans bisa memberi komentar, download dan share ke media sosial favorit. Musisi ternama seperti Pitbull, Maroon 5 dan One Direction adalah beberapa di antaranya.

Keseluruhan layanan dari Apple Music ini mungkin akan menimbulkan pro dan kontra, namun jika kenyamanan penikmat musik sangat dimanjakan dengan berbagai kemudahan dan nilai tambah yang berbeda dari sebelumnya, mulai dari interaksi dengan musisi hingga download lagu terbaru, menurut saya tidak ada salahnya untuk mencoba dan turut mendukung industri musik agar terus berkembang sehingga mengurangi keinginan untuk melakukan pembajakan.