Persaingan platform Android, iOS dan Windows Mobile membuat produsen ponsel cerdas terus mengembangkan perangkatnya, baik dari sisi hardware maupun software. Hal ini membuat harga iPhone dan ponsel lainnya terus naik dan kini sudah melebihi harga personal computer.  Harga iPhone 6, Samsung Galaxy Edge, maupun merk ternama lainnya sudah melebihi 10 juta rupiah untuk varian terbarunya. Hadirnya Xiaomi, Oppo atau OnePlusOne memberi banyak pilihan alternatif namun tidak terlalu berpengaruh pada pergerakan harga gadget tersebut.

Berikut ini adalah 7 aplikasi untuk sistem operasi iOS yang membuat perangkat tersebut bekerja maksimal. Beberapa aplikasi juga terdapat untuk sistem operasi Android dan Windows Mobile.

1. Camera+

iPhone sudah terkenal dengan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan kualitas tinggi dan tajam. Namun tidak perlu khawatir jika hasilnya belum sesuai dengan keinginan kita. Install Camera+ dan edit  foto tersebut dengan aplikasi ini. Dengan beberapa klik dan filter, foto yang sebelumnya tampak biasa bisa menjadi luar biasa. Setelah melewati aplikasi ini, kita bisa lebih percaya diri untuk mengunggahnya ke Path atau Instagram dengan kualitas fotografer profesional.

Beberapa fitur andalan pada aplikasi ini diantaranya Clarity, The Lab dan filter HDR yang dapat membuat foto berikut menjadi lebih menarik untuk dilihat.

hdr-hi

hdr

2. iMovie

Setelah sebelumnya hadir pada format MacOS, kini iMovie dapat diinstall pada iPhone maupun iPad dengan kemudahan yang sama untuk proses editing video yang diambil dengan menggunakan kamera pada iPhone atau iPad. Video yang diambil dari GoPro atau kamera lainnya juga bisa di-edit melalui aplikasi ini dengan memanfaatkan Google+ atau Dropbox sebagai media perantara.

Hasilnya, video rumahan bisa tampak menjadi karya profesional. Pada aplikasi ini juga disediakan template untuk membuat trailer seperti pada video berikut ini.

3. TuneIn Radio

Bosan dengan lagu-lagi yang ada di memory iPhone, tidak usah khawatir atau mati gaya. TuneIn Radio mampu menghadirkan ribuan channel radio di seluruh dunia dengan memanfaatkan koneksi internet. Keistimewannya adalah aplikasi ini bisa merekam siaran radio sesuai dengan keinginan kita.

tunein-radio

4. Cycloramic

Membuat foto panoramic tidak pernah semudah dan sesederhana aplikasi Cycloramic, dengan memanfaatkan kepala charger, iPhone kita dapat berputar sendiri dan menghasilkan foto panoramic dengan kualitas tinggi.

5. Google Maps

Google Maps dengan fitur live traffic bisa menjadi andalan saat memerlukan rute tercepat untuk menuju ke lokasi yang diinginkan. Meskipun kondisi jalan di Jakarta sangat mudah berubah dan terkadang sulit diprediksi, aplikasi ini dapat menampilkan alternatif rute lengkap dengan petunjuk arahnya.

6. Hyperlapse

Aplikasi hyperlapse dari Instagram ini membuat proses pembuatan video timelapse bisa diatur sesuai keinginan kita, dengan percepatan 1 hingga 12 kali. Dengan proses yang sangat sederhana dan percepatan seperti ini, lebih banyak informasi ditampilkan dengan rentang waktu yang singkat.

7. Replay

Jika proses editing dengan iMovie dirasa terlalu rumit, aplikasi Replay bisa menjadi alternatif dengan proses yang lebih sederhana untuk membuat video kompilasi. Proses Auto bisa menjadi pilihan dimana Replay akan mengatur sendiri urutan video yang dipilih. Kita tinggal menambahkan soundtrack yang telah tersedia.

Save big on top tech magazines.

Jadi, ditengah mahalnya harga iPhone, banyak aplikasi yang bisa membuat kita produktif dengan memaksimalkan kemampuannya. Spesifikasi kamera dan perangkat keras yang tinggi pada iPhone dapat menghasilkan karya foto maupun video yang layak menjadi hits di YouTube atau media sosial lainnya.