Pernah bercita-cita untuk menjadi seorang penulis, baik itu artikel, cerpen, novel atau karya tulisan lainnya?

Menulis di Blog bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengembangkan kemampuan menulis dimana kita bisa mendapat feedback dari sesama blogger (penulis blog) yang berkunjung ke website kita. Ada banyak cara untuk memulainya, menggunakan layanan gratis dari penyedia layanan seperti WordPress, Blogspot atau Tumblr bisa dengan mudah dan cepat mendapatkannya. Cukup dengan registrasi dan website gratis tersebut langsung dapat diisi oleh tulisan, gambar, video, atau beragam content lainnya. Kekurangannya ada pada alamat URL yang masih menggunakan http://namablog.wordpress.com atau http://namablog.tumblr.com sehingga terasa kurang personal. Keterbatasan tema dan plugin juga merupakan beberapa kekurangannya.

Untuk lebih personal dan lebih serius, misalnya http://www.aurorandromeda.com atau http://www.mebading.com setidaknya ada 5 langkah mudah cara membuat blog atau website yang perlu dipersiapkan.

Domain Name

Berbeda dengan domain gratis yang berakhiran penyedia layanan, agar lebih personal diperlukan registrasi berbayar untuk mendapatkan mana yang diinginkan, yang bisa disewa tahunan dan dapat diperpanjang. Provider seperti Dapur Hosting menyediakan web hosting murah dan domain murah yang bisa didapatkan mulai dari harga 55.000 Rupiah per tahunnya tergantung ekstensi yang diinginkan.

domain-murah

Web Hosting

Bisa disewa secara paket atau terpisah, kita perlu mempunyai hosting atau server tempat untuk menyimpan data-data website, termasuk content. Cara yang paling mudah adalah dengan menyewa space, di penyedia jasa layanan atau yang dikenal dengan web hosting. Selain itu bisa juga dengan membuat server sendiri yang memerlukan biaya yang lebih mahal, atau cara yang ketiga adalah menggunakan penyedia web hosting gratis dan menggunakan URL redirection, sebagai contoh misalnya saat mengetik http://www.marilahkemari.com akan diteruskan ke http://marilahkemari.freedomainhosting.com dengan cara ini masih ada keterbatasan di template dan plugin karena sebenarnya kita menggunakan layanan gratis yang telah disediakan oleh provider.

Dapur Hosting menyediakan paket web hosting per tahun mulai dari 100.000 Rupiah.

hosting-murah

Blog/E-Commerce/Content Management System (CMS)

Domain name sudah, web hosting oke, langkah berikutnya adalah mengisinya sesuai dengan kebutuhan kita. Saat ini telah banyak developer yang membuat hal ini untuk blog, toko online, forum atau lainnya. WordPress, Joomla, Mambo, phpBB, OpenCart atau Zen Cart bisa dipilih untuk diinstall dengan gratis dan menjadi dasar dari website sesuai kebutuhan kita.

wordpress

Template/Theme

Setelah menginstall CMS sesuai dengan kebutuhan, saatnya mempercantik tampilan sesuai dengan keinginan. Pengetahuan tentang bahasa pemrograman HTML atau CSS tidak terlalu dibutuhkan, meskipun jika mengetahuinya merupakan nilai tambah saat memodifikasinya. Beragam template gratis bisa dipilih sesuai dengan selera, dan sangat terbuka untuk menggunakan template berbayar dan menguploadnya jika dirasa template gratis kurang sesuai dengan yang diinginkan.

themes-themefuse

Content

Mulailah langsung menulis, mengupload foto atau apapun yang diinginkan untuk mengisi website yang dibuat. Saatnya menjadi bagian dari jutaan informasi yang ada di Internet dan berharap semoga website kita bermanfaat untuk jutaan orang yang mengakses internet.

Selain untuk keperluan Blog, tahap-tahap tersebut juga bisa digunakan dan dikembangkan untuk keperluan online lainnya di Internet seperti Toko Online atau Forum.

Selamat menulis.