Jakarta International Java Jazz Festival tahun ini kembali diselenggarakan dan bertempat di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Acara yang berlangsung dari tanggal 2 hingga 4 maret 2012 ini berhasil menarik banyak musisi jazz baik dari dalam maupun luar negeri. Sebut saja David Sanborn, Dave Koz, Stevie Wonder, Laura Fygi, Erykah Badu, Phil Perry, Depapepe, Pat Matheny, Barry Likumahuwa Project, Maliq & D’Essentials, Andien, hingga penyanyi solo wanita yang tengah naik daun, Raisa. Sehingga tercatat lebih dari 60 musisi jazz tampil setiap harinya.

Java-Jazz-Festival-04

Sebagian musisi pada Java Jazz Festival 2012 melakukan kolaborasi dengan musisi jazz lain sehingga penampilannya sangat berbeda dari biasanya. Dave Koz misalnya, berkolaborasi dengan Phil Perry dan di lagu yang lain berkolaborasi dengan 57Kustik, sebuah band asal Bandung yang terbentuk oleh musisi jalanan yang diasuh oleh Harry Roesli (Alm.) dan berhasil memukau Dave Koz melalui YouTube saat mereka memainkan You Make Me Smile melalui biola, sehingga diundang untuk berkolaborasi dengannya saat Java Jazz Festival ini. Barry Likumahuwa Project berkolaborasi dengan Ricky Lionardi Big Band sehingga aura konser sangat terasa di atas panggung.

Java-Jazz-Festival-03

Setidaknya ada 8 hall besar yang telah dipersiapkan untuk pengunjung, ditambah dengan beberapa lounge dari sponsor yang juga menampilkan musisi jazz dan juga beragam penawaran menarik selama acara. Pengunjung nampak sangat antusias mengejar musisi idola mereka, terlihat dari antrian yang membludak namun masih terbilang tertib dan nyaman.

Java-Jazz-Festival-02
Java-Jazz-Festival-01

Java Jazz Festival setiap tahunnya terbilang menarik sangat banyak musisi dan juga penggemar musik, entah sebagai ajang eksis atau memang menggemari jazz, dengan harga tiket yang terjangkau bila dibandingkan dengan tiket konser lainnya, terlebih bila mendapatkan tiket promosi dari sponsor, acara ini menjadi sebuah hiburan tersendiri bagi remaja, keluarga maupun musisi. Bagi fotografer pun tak kalah menarik terutama bagi yang gemar memotret musisi di atas panggung karena berkesempatan untuk memotret musisi terkenal dengan tata panggung dan lampu yang baik untuk ditangkap oleh kamera.