Untuk yang ketiga kalinya, Majalah Men’s Health Indonesia mengadakan acara Urbanathlon yang siap untuk menantang peserta untuk berlari dan menaklukan berbagai tantangan urban di Jakarta.

Setelah gagal ikut di tahun-tahun sebelumnya, kali ini akhirnya saya bisa berpartisipasi dan berjuang untuk menyelesaikan lari 9 KM dan 11 tantangan yang ada di dalamnya.

Acara dimulai jam 6.30 pagi dengan membagi peserta pada beberapa batch agar tidak menumpuk ketika menghadapi tantangan.

pelari-urbanathlon

Urbanathlon ini sangat ditunggu setiap tahunnya karena memberikan tantangan yang unik dan berbeda dengan acara lari pada umumnya, salah seorang teman bahkan rela untuk membeli tiket pesawat dan sengaja datang dari Kendari untuk mengikutinya.

Bertepatan dengan kegiatan rutin Car Free Day, dan acara tahunan Milo Jakarta International 10K, panitia merubah rute lari dan berbagai tantangan untuk kenyamanan peserta. Sirkuit mengambil rute seputar Gelora Bung Karno (GBK) yang juga saat itu sedang ada acara lainnya yang sangat ramai. Bagi saya melewati rute ini seperti sedang study tour di kawasan GBK karena melintasi beberapa bagian yang jarang dilewati.

Berikut ini adalah beberapa tantangan yang harus dilewati oleh seluruh peserta Men’s Health Indonesia Urbanathlon Jakarta 2014.

rute-sirkuit-urbanathlon-2014

1. Car Crawlling

Pada tantangan pertama ini, peserta diharuskan melewati mobil Nissan Juke dengan cara merangkak di bawahnya. Sederhana namun perlu hati-hati karena bagian bawah adalah paving block yang kasar dan dapat membuat lengan dan paha tergores.

2. Monkey Business

Hmm, inilah tantangan yang saya waspadai, mengingat jarang sekali latihan lengan dan tubuh bagian atas, dan memebuat saya sedikit kesulitan melewatinya. Peserta harus melewati bar demi bar setinggi 2 meter dan bila terlepas atau terjatuh harus mengulangi dari awal.

3. Tire Rocky Road

Berikutnya adalah Tire Rocky Road, sejumlah ban mobil diatur rapi di jalan dan peserta perlu melewatinya, mudah, sederhana, dan anggap saja sebagai bonus sebelum menghadapi tantangan berikutnya yang lebih menantang.

4. Truck Hike

Naik keatas truk bak terbuka, melintasinya dan melompat ke bawah, aman.

5. Vertical Running

High Truck Hike tadi seakan menjadi pembuka untuk tantangan berikutnya, yaitu Vertical Running. Peserta memasuki area kolam renang Krida Loka Senayan, dan naik-turun tangga penonton kolam sebanyak 2 kali.

6. Dip In

Tantangan ini menjadi check point bagi tantangan Urbanathlon kali ini, peserta diharuskan melewati 2 bilah balok sepanjang 2 meter dan menitinya dengan kedua tangan (dip in).

7. Water Barrier

Oke, kita lanjut ke tantangan berikutnya, Water Barrier, peserta perlu melewati pembatas jalan dengan cara melompatinya. Beberapa peserta yang mulai kehabisan tenaga terlihat melewatinya dengan pelan-pelan tanpa melompat, apapun caranya, setelahnya petugas akan memberikan cek tanda telah berhasil melewatinya.

8. Water Pool

Bertempat di halaman fX Senayan, setiap peserta harus melewati sebuah bak yang telah diisi dengan air, melepas sepatu boleh dilakukan tergantung keinginan peserta yang memang siap untuk basah-basahan, sementara lainnya termasuk saya memilih untuk melepas sepatu dan kaos kaki dan memakainya kembali. Setelah ini peserta lanjut kembali memasuki area GBK untuk menaklukan beberapa tantangan berikutnya.

9. Trail Running / Cross Country Run

Hmm, dibilang Trail Running terasa kurang cocok karena yang perlu dilintasi adalah kawasan GBK yang sedikit berlumpur dan penuh pepohonan, oke, saya anggap saja berlari di hutan kota sejauh beberapa puluh meter.

10. Spider Web

mens-health-indonesia-jakarta-urbanathlon-2014-01

Tantangan berikutnya adalah Spider Web, peserta harus melewati jeratan tali yang telah diatur dan berusaha melintasinya, setiap peserta bergantian berusaha untuk melepaskan diri dari jeratan tali tersebut.

11. Wall Climbing

mens-health-indonesia-jakarta-urbanathlon-2014-02

Inilah tantangan terakhir dari Men’s Health Indonesia Urbanathlon Jakarta 2014. Peserta harus melewati tembok penghalang dengan bantuan tali. Beberapa peserta bahu-membahu dengan mengangkat kawannya agar dapat melintasinya, sementara sebagian lainnya berusaha sekuat tenaga untuk menaklukannya tanpa bantuan.

mens-health-indonesia-jakarta-urbanathlon-2014-03

Setelah melalui tantangan ini, sebagian besar peserta mulai bersemangat kembali karena ini adalah tantangan terakhir dan kurang dari 100 meter ke depan garis finish sudah terlihat. Berbagai aksi terlihat dilakukan oleh peserta, melompat penuh semangat tampak banyak dilakukan dan menjadi objek foto yang menarik.

mens-health-indonesia-jakarta-urbanathlon-2014-07

Beragam ekspresi bahagia terlihat dari wajah peserta Men’s Health Indonesia Urbanathlon Jakarta 2014.

mens-health-indonesia-jakarta-urbanathlon-2014-04

mens-health-indonesia-jakarta-urbanathlon-2014-05

Usai memasuki garis akhir, peserta ramai berfoto di depan wall of fame yang telah disediakan. Peserta dapat mengunjungi berbagai booth dari sponsor, diantaranya foto gratis yang langsung dicetak dan gratis handuk juga tshirt dari Rexona, dan berbagai penawaran menarik lainnya dari sponsor.

mens-health-indonesia-jakarta-urbanathlon-2014-06

Acara ditutup dengan penampilan dari berbagai pihak, diantaranya aksi dari Gold’s Gym dan Fitness First Indonesia sebagai sarana promosi tentang kegiatan olahraga dari berbagai kelas yang ada di masing-masing tempat kebugaran.

urbanathlon-2014

Secara umum, yang saya rasakan adalah kegiatan ini berlangsung dengan baik dan peserta begitu antusias untuk mengikutinya. Sebagian peserta bahkan sebelumnya berlari terlebih dahulu di acara Milo Jakarta International 10K dan mulai lebih siang, panitia memang memberikan dispensasi bagi mereka yang ingin terlebih dahulu mengikutinya.

penakluk-urbanathlon

Hasil Catatan Waktu Men’s Health Indonesia Urbanathlon Jakarta 2014 bisa diakses melalui link berikutĀ Race Results Men’s Health Indonesia Urbanathlon Jakarta 2014

Sampai jumpa di Men’s Health Indonesia Urbanathlon Jakarta 2015.