Dengan berkembangnya teknologi dan perangkat ponsel pintar saat ini, bisa dipastikan hampir semua orang mempunyai kamera di genggamannya, entah itu dari ponsel, tablet, kamera saku maupun kamera DSLR. Dengan mudahnya kita bisa memotret atau merekam video dengan perangkat yang kita punya, mengaplikasikan filter dan mengunggahnya di media sosial seperti Twitter, Path atau Facebook.

“The Best Camera Is The One That’s With You.”


Fitur pada ponsel pintar yang semuanya serba otomatis membuat kita sebagai fotografer mungkin tidak mengetahui tentang dasar-dasar fotografi seperti Segitiga Exposure, ISO, Aperture dan White Balance. Nah, untuk belajar tentang teknik dasar fotografi yang bisa membuat foto yang dihasilkan menjadi lebih menarik, tidak ada salahnya untuk belajar fotografi.

Internet sebagai gudangnya informasi telah menyajikan semua hal tadi, sebagian besar bisa kita akses secara gratis dan berikut ini beberapa sumber di Internet tempat kita bisa belajar fotografi.

KANAL YOUTUBE

Kanal Kelas Pagi di YouTube menyajikan tutorial dan tips fotografi yang dikemas secara fun dan menarik. Walaupun video-videonya terlihat santai, namun informasinya sangat berguna dan sayang untuk dilewatkan.

DigitalRev TV banyak memuat tips dan teknik fotografi mulai dari tingkat dasar hingga lanjutan yang tentunya sangat bermanfaat. Tips street photography tentang bagaimana kita berinteraksi dengan objek foto dan membuat levitation photography yang membuat objek foto seolah-olah sedang melayang adalah beberapa diantaranya.

COOPH ini merupakan salah satu kanal favorit saya di YouTube. Banyak sekali tips yang bisa kita lakukan sendiri dengan memanfaatkan benda-benda di sekitar kita untuk membuat foto yang lebih menarik dan beda dari biasanya.

MAJALAH FOTOGRAFI

Selain melalui video di YouTube, kita juga bisa belajar fotografi dari majalah ternama seperti Digital Camera World, Practical Photography, Shutterbug dan Digital Photography yang biasanya mempunyai tema tertentu seperti Portrait dan Black and White Photography.


Daily Deal

Zinio sebagai penyedia majalah digital terkemuka memberi banyak pilihan majalah fotografi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kita. Harganya relatif terjangkau jika dibandingkan dengan membeli versi majalah cetaknya di kios majalah yang bisa mencapai 100.000 Rupiah. Disini beragam majalah fotografi dan majalah lainnya ditawarkan kurang dari 10.000 Rupiah jika berlangganan dan sebagian diantaranya bisa didapat secara gratis.

majalah-fotografi-digital-camera-world
majalah-fotografi-digital-photography
photoshop-lightroom-zinio

Beragam majalah fotografi populer banyak memberikan teknik dan tips praktis fotografi yang dapat kita gunakan saat memotret sehari-hari.

SITUS & BLOG

Selain Kanal YouTube dan Majalah Digital, di Internet banyak ditemukan situs maupun blog yang membahas tentang fotografi beserta tips dan triknya, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Dengan banyaknya sumber informasi yang bisa diakses di Internet, pengetahuan kita tentang fotografi akan semakin baik dan terus berkembang sehingga bisa lebih percaya diri untuk mengirimkannya ke majalah atau mengikuti kompetisi fotografi. Atau menggabungkan fotografi, jalan-jalan dan menulis bisa jadi dasar untuk menjadi travel writer, jalan-jalan sambil dibayar, membuat blog atau menulis buku, dan menjadi sumber informasi fotografi berikutnya di kemudian hari.

Sebagai langkah awal, bisa juga berpartisipasi dan menjadi bagian dari WordPress Photo Challenge yang mempunyai tema berbeda setiap minggunya.