Hari Jumat, 13 September 2013, Airbus A320-200 membawa saya ke ketinggian 11.5 KM di atas permukaan laut dengan kecepatan 900 KM/Jam menuju salah satu pulau di Malaysia.

Sebuah pulau kecil di Selat Malaka yang terkenal dengan biaya pengobatannya yang murah, terbukti saat turun dari pesawat saya melihat banyak penumpang menggunakan kursi roda, lebih banyak daripada penerbangan pada umumnya. Pulau ini bernama Penang, yang terletak di sebelah di sebelah barat laut Semenanjung Malaysia.

penang-01

Penumpang yang Akan Menaiki Pesawat

Penang Malaysia bisa jadi bukan daerah tujuan wisata utama di Asia, bahkan seorang teman berkomentar bahwa wisata di Penang adalah wisata yang lebih cocok untuk orang tua. Lalu hal apakah yang bisa dilakukan di pulau dengan ibukota Georgetown ini? Berikut ini adalah 7 hal di Pulau Penang yang menurut saya paling berkesan dan bisa dilakukan disana.

penang-04

Masjid Kapitan Kling

Makan, Makan & Makan

Makanan dengan citarasa melayu dan peranakan bisa dengan mudah ditemukan di Penang dengan harga yang terjangkau. Laksa dan Nasi Lemak adalah dua diantaranya yang bisa didapat dengan harga mulai 1.5 MYR dan banyak tersebar seantero kota. Selain itu, masakan dengan citarasa India seperti Nasi Briyani dan Nasi Kandar menjadi salah satu tujuan kuliner yang menarik di Penang, terletak di sebuah gang sempit, tempat ini ramai oleh pengunjung yang ingin makan dengan porsi besar.

penang-02

Nasi Briyani

penang-06

Nasi Kandar Line Clear 24 Jam

penang-07

Antrian Nasi Kandar

penang-08

Nasi Kandar

Mural & Instalasi Seni

Mural dan instalasi seni tersebar di jalan utama di Penang, saya harus acungi jempol pada departemen pariwisata di pulai ini karena bisa menjual hal ini kepada wisatawan. Turis diajak untuk menjelajah kota sambil mencari keberadaan instalasi seni dan juga mural yang kadang terletak di sudut jalan atau tempat yang tak terduga, dengan berbekal peta yang bisa didapat secara gratis di penginapan atau pusat informasi turis.

penang-09

Instalasi Seni Seperti ini banyak terdapat di sudut Kota

penang-10

Mural Bruce Lee

penang-11

Instalasi Seni di salah satu Chulia atau Jalan

penang-12

Sebagian Mural menjadi objek foto

Penginapan Murah

Sebagai salah satu tujuan wisata, akomodasi menjadi hal yang penting bagi wisatawan. Untungnya di Penang ini banyak tersebar penginapan mulai dari standar backpacker ala dormitory hingga hotel berbintang. Untuk dormitory berisi 6 orang bisa didapat dengan harga mulai 90.000 Rupiah. Untuk pemesanan secara online kini semakin mudah dan bisa dibayar di tempat, salah satu yang menyediakan proses pemesanan hotel seperti ini adalah melalui situs Booking.com.

penang-18

Room Mates

penang-05

Baan Talay Homestay

Bukit Bendera (Penang Hill)

Tidak hanya Hongkong yang mempunyai Funicular Train atau kereta yang berjalan menuju ke atas bukit, di Penang ini juga terdapat hal yang serupa. Terletak di Penang Hill atau yang juga dikenal dengan Bukit Bendera, wisatawan dapat naik dan melihat pemandangan Penang dari atas bukit. Tak banyak yang bisa dilakukan setelah tiba di bukit, menikmati pemandangan adalah salah satu diantaranya.

penang-13

Pemandangan dari Bukit Bendera

Pinang Peranakan Mansion

Saya mengenal tempat setelah menjadi salah satu tujuan tantangan di The Amazing Race. Merupakan sebuah rumah megah yang mencerminkan budaya Cina Selat dan sebelumnya adalah rumah salah seorang Kapitan China bernama Chung Keng Kwee.

penang-03

Salah satu ruangan di Penang Piranakan Mansion

Clan Jetties Floating Village

Hal terakhir yang menarik ada sebuah desa yang terletak di atas laut dan dikenal dengan Clan Jetties Floating Village. Merupakan sebuah desa peninggalan dari Clan atau Marga Jetty. Daerah ini merupakan daerah yang dilindungi oleh UNESCO dan telah berumur lebih dari 100 tahun.

penang-17

 Clan Jetties Floating Village

Kek Lok Si Temple

Kek Lok Si Temple adalah sebuah kuil Budha yang terletak di atas bukit. Untuk mengunjunginya bisa bersamaan dengan Bukit Bendera karena letaknya yang searah dari Georgetown dan tidak terlalu jauh. Untuk menuju patung Dewi Kuan Yin yang terletak di atas, bisa dilakukan dengan berjalan kaki atau naik funicular train. Disini banyak pengunjung yang memanjatkan doa lewat media pita yang telah ditulisi oleh permohonan dan digantung pada sebuah tempat khusus.

penang-14

Kek Lok Si Temple

penang-15

Funicular Train Menuju Kek Lok Si Temple

penang-16

Gantungan Pita sebagai sarana penyampaian Doa

Jadi, menarik kah berwisata di Penang?

Menurut pendapat saya, Penang Malaysia ini sangat cocok dikunjungi untuk terlepas dari kebisingan kota sesaat, dengan ritme kehidupan yang normal dan tidak dikejar waktu. Menghabiskan 2-3 hari di kota ini cukup untuk mengenal Georgetown dan sekitarnya.