Bertemu dengan lebih dari 40 orang yang menyukai kegiatan yang memacu adrenalin dan melakukannya bersama-sama itu, rasanya, luar biasa! Saya merasa beruntung berkesempatan untuk menjadi salah satu peserta dari acara Men’s Health Travel Adventure 2012 yang diselenggarakan oleh Majalah Men’s Health Indonesia dan didukung oleh Pharmaton Formula pada tanggal 8-9 Desember 2012. Peserta yang berasal dari berbagai macam usia dan latar belakang dan profesi berkumpul untuk melakukan 3 kegiatan, Cycling, Trekking dan Rafting, sekaligus sebagai ajang kopi darat dari pembaca dengan jajaran redaksi majalah ini.

Peserta yang berkumpul pukul 5 pagi di kantor redaksi majalah Men’s Health Indonesia kemudian bersama-sama berangkat menuju Arus Liar, di Sukabumi, Jawa Barat. Walaupun diselenggarakan oleh majalah pria, peserta travel adventure ini juga diikuti oleh wanita yang tentunya sama-sama menyukai tantangan adrenalin seperti ini. Setibanya di lokasi, kami langsung disambut dengan makan siang yang telah tersedia, tanpa berlama-lama, usai makan siang kami bersiap untuk melakukan tantangan pertama, bersepeda.

MHTA-01

Awalnya terdengar sederhana, bersepeda menjelajahi bukit dan perkebunan di desa Cikijang sepanjang 8 KM untuk pria dan 4 KM untuk peserta wanita. Namun pada pelaksanaannya, tantangan pertama ini mendapatkan bonus hujan deras yang turun sebelum dan selama peserta bersepeda sehingga mampu memacu lebih banyak adrenalin. Jalan setapak yang licin, tanjakan serta turunan curam membuat beberapa peserta jatuh dari sepeda, dan di beberapa titik sebagian besar peserta harus menuntun sepedanya. Tidak hanya itu, sisa perjalanan sejauh 1 KM ditempuh dengan menuruni jalanan beraspal yang curam dan berkelok, seluruh peserta harus ekstra hati-hati mengendalikan sepedanya terutama dalam melakukan pengereman agar tidak terjadi slip atau justru terlempar dari sepeda.

Acara yang sedianya akan dilanjutkan oleh api unggun dan barbeque di malam harinya gagal terlaksana karena hujan masih mengguyur sepanjang malam. Usai games dan interaksi dengan peserta kami dipersilakan untuk beristirahat untuk menghadapi tantangan kedua keesokan harinya, trekking.

MHTA-03

Menjelajahi perkebunan karet dan kelapa sawit dan disertai dengan games menjadi tema trekking pagi ini. Peserta dibagi menjadi beberapa tim yang harus menjawab pertanyaan seputar majalah Men’s Health Indonesia dan Pharmaton Formula. Jalan yang dilalui tidak terlalu sulit, peserta dapat berjalan santai sambil menikmati pemandangan di kanan-kirinya. Suasana pagi hari yang cerah menambah semangat untuk bersiap menaklukan tantangan terakhir, arung jeram.

MHTA-04

MHTA-05

Sudah bukan rahasia lagi jika sungai Citarik menjadi salah satu pilihan yang baik untuk berarung jeram. Sungainya yang lebar dan deras dengan bebatuan besar menjadikan jeramnya sangat menarik untuk ditaklukan. Debit air yang mencapai 100 cm di titik pengukuran setelah hujan deras semalam menjadikan tingkat kesulitan jeram kali ini mencapai III+ dan berarti masuk ke level intermediate (menengah) menuju advanced (lanjutan). Aliran deras dengan jeram yang menantang membuat perjalanan 9 KM ini sangat berkesan dan tidak terasa. Jeram demi jeram kami lewati dan taklukan, seperti Jeram Citeureup, Jeram Gengsi, Jeram Jumping Jack dan Jeram Walk Away. Beberapa diantaranya mampu membuat beberapa peserta jatuh dari perahu karena kurang menjaga keseimbangan atau jeram yang terlampau deras dan tinggi.

MHTA-06

Tak terasa seluruh tantangan telah terlewati, yang jelas bagi saya tidak terlupakan dan sangat berkesan. Sama berkesannya dengan bertemu teman-teman baru, dengan latar belakang dan hobi yang berbeda, memperluas relasi, sehingga membuka pintu yang sangat lebar untuk mencoba hal-hal yang baru bersama mereka setelah ini.