Keberadaan televisi sebagai media massa masih menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari, kebutuhan untuk memperoleh informasi maupun hiburan secara cepat bisa didapat dengan mudah dari televisi.

Tidak hanya di rumah, perkembangan teknologi saat ini membuat akses terhadap televisi menjadi tidak terbatas dan dapat diakses kapan dan dimanapun kita mau. Beberapa tipe ponsel dan tablet seperti Mito dan Cyrus telah terintegrasi receiver untuk menangkap siaran televisi analog, Namun karena dibekali oleh antenna yang kecil, siarannya terasa tidak maksimal dengan gambar yang kadang berbayang, terutama saat berada di dalam ruangan.

matrix-indosat-ooredoo-gratis

Berbekal smartphone dan memanfaatkan internet melalui jaringan selular 3G, LTE atau Wifi, aplikasi Kompas TV, Net TV ataupun aplikasi dari pihak ketiga yang menyediakan TV online seperti Mivo TV dan iTivi membuat akses terhadap televisi lokal dan internasional menjadi begitu mudah dan dapat ditonton dimana saja dan kapan saja. Keterbatasannya ada pada kuota data yang terpakai saat streaming siaran televisi tersebut terutama jika menggunakan jaringan seluler.

Lalu adakah cara lain untuk mendapatkan siaran televisi secara gratis dimanapun kita mau?

Ada!

Salah satu aplikasi TV Android tanpa jaringan internet adalah MyGica Pad TV Tuner PT360.

Dengan harga sekitar 300 ribu rupiah, memasangkan alat ini pada Android smartphone atau tablet dan menginstall PadTV dari Google Play Store, kita dapat menerima siaran televisi digital DVB-T2 yang saat ini sedang dikembangkan dan disosialisasikan di Indonesia.

tv-digital-gratis-murah-mygica-pad

Di Jakarta sendiri terdapat 18 siaran yang telah ditayangkan free-to-air dengan format digital, antara lain Kompas TV, TV One, Sports One, Metro TV, TVRI, SCTV, O Channel, Trans TV, Trans 7, Berita Satu TV, dan Berita Satu English.

Persyaratan minimalnya adalah Android versi 4.1 dengan Dual Core Processor 1 GHz dengan konektor Micro USB, jika persyaratan ini terpenuhi, menonton siaran TV secara gratis selalu ada dalam genggaman.

tv-digital-gratis-murah-mygica-pad-pt360

Kelebihan:

  • Praktis, ukuran alat relatif kecil dan mendapat beberapa tipe antenna yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Gratis, tidak memerlukan pulsa atau jaringan internet.
  • Siaran televisi digital yang jelas dan lebih baik daripada siaran televisi analog.
  • Bisa merekam siaran televisi digital langsung ke SD Card.
  • Dapat digunakan pada beragam tipe smartphone dan tablet berbasis Android.

Kekurangan:

  • Tidak bisa charge baterai saat sedang menonton siaran televisi.