Dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt (Inception, (500) Days of Summer, The Dark Knight Rises) film berdurasi 90 menit ini memacu adrenalin saya hampir sepanjang film.

Di tengah kota New York yang super sibuk dan macet, pengiriman dokumen untuk tiba tepat waktu di hari yang sama menjadi sangat penting untuk diantarkan. Kehadiran kurir bersepeda merupakan salah satu solusinya. Sifatnya yang bisa menerobos kemacetan kota menjadikan profesi ini sangat dibutuhkan di kota ini karena waktu pengirimannya lebih bisa diperkirakan.

Wilee (Joseph Gordon-Levitt) merupakan salah satu kurirnya, kecintaannya pada sepeda terutama fixed gear membuat dedikasinya pada pekerjaan ini lebih tinggi dari rekan-rekannya. Kasarnya, kapan lagi bersepeda dan dibayar. Sepeda yang dipilihnya pun unik, sepeda fixed gear tanpa rem, menurut dia, rem hanya akan membuatnya terbunuh. Berita bahwa Wilee merupakan kurir terbaik membuat salah seorang pelanggan, Nima (Jamie Chung) menitipkan sebuah amplop untuk dikirimkan pada koleganya.

Proses pengantaran dokumen yang seharusnya mudah menjadi kompleks dan penuh dengan masalah, setelah seorang detektif kepolisian menginginkan dokumen yang hendak dikirim dan mengejar-ngejarnya. Apa sebenarnya yang diperebutkan terjawab menjelang akhir film.

Tema film walaupun sederhana, terasa sangat menarik dan memacu adrenalin hampir sepanjang film, seperti adegan kejar-kejaran, menerobos lampu lalu lintas, atau analisa rute untuk menghindari mobil dengan slow motion. Dengan alur maju-mundur, seperti puzzle, misteri di balik film ini mulai jelas dan pertanyaan-pertanyaan mulai terjawab.

Diluar bayangan saya, film Premium Rush ini bukan tipe one-man-show seperti Phone Booth dan Buried, kehadiran Vanessa (Dania Ramirez) dan Manny (Wolé Parks) menjadikan film ini lebih menarik. Lupakan image sepeda fixie yang gaul dan berwarna-warni, yang tengah menjadi tren saat ini. Di film ini penggunaan sepeda fixed gear dengan maksimal bisa jadi menggeser mindset terhadap sepeda jenis ini lebih dari sekedar kring-kring-gowes-gowes.