Seolah bagaikan angin segar, kehadiran Stand Up Comedy di Indonesia terus-menerus mengalir menarik banyak peminat yang akhirnya terbentuk banyak grup lokal di tengah kaum urban. Kehadirannya sebagai hiburan alternatif menyebar begitu cepat mulai dari media massa di televisi, di berbagai cafe, YouTube dan media sosial yang terus berkembang.

Adalah Ryan Adriandhy (@adriandhy) juara pertama kompetisi Stand Up Comedy Indonesia di Kompas TV, semalam menghadirkan 2 sesi spesial, “Satu Jam Bersama Ryan” dengan tema From Tiny to Funny yang bertempat di Usmar Ismail Hall, Kuningan, Jakarta Selatan. Didukung oleh Gilang Bhaskara (@gilbhas) dan Boris Bokir (@borisbokir) sebagai pembuka, lelucon yang di bawakan sebagian sudah pernah saya lihat di YouTube, dan menyaksikannya secara langsung membuatnya lebih hidup dan berkesan.

from-tiny-to-funny-01
from-tiny-to-funny-02

Penampilan Ryan sendiri, walaupun ada beberapa lelucon yang pernah dibawakan sebelumnya, tampil dengan interaktif, didukung dengan multimedia yang pas dengan topik yang diceritakan. Cerita mulai dari masa kecilnya hingga sampai dia berdiri di panggung sebagai juara pertama kompetisi diulas dengan jenaka dan mengundang gelak tawa.

Sedikit adegan ala pantomim menjadi salah satu yang berkesan karena saya sendiri belum pernah melihat dia membawakan hal seperti ini. Dan yang paling mengejutkan adalah saat penutup dimana dia menirukan gaya dari 38 tokoh yang sudah terkenal dengan sangat mirip, dimulai dengan Goofy dan diakhiri dengan Mongol. Tokoh lainnya yang ditiru adalah Mickey Mouse, Barrack Obama, Donkey, Marvin the Martian, Shrek, Spongebob dan Dexter.

from-tiny-to-funny-03
from-tiny-to-funny-04

Sungguh merupakan penampilan yang sangat baik dari seseorang yang lahir dari sebuah kompetisi Stand Up Comedy yang di Indonesia sendiri walaupun sudah lama di gagas oleh Ramon Papana, akhirnya kini menemukan bentuk dan komunitasnya dan disambut baik oleh masyarakat di Indonesia.