Dari Sabang hingga Merauke, Indonesia menyimpan kekayaan pariwisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Terletak di kawasan segitiga coral dunia membuat kekayaan lautnya mempunyai flora dan fauna yang beraneka ragam. Manta Ray hingga Nudibranch dapat ditemukan di berbagai pelosok nusantara.

Gugusan gunung mulai dari Sumatra hingga Papua menggoda para pendaki untuk menggapai puncaknya, Gunung Kerinci, Bromo, Semeru, Rinjani dan Jayawijaya adalah beberapa diantaranya. Belum lagi kekayaan budaya dan adat istiadat yang sangat beraneka ragam yang tentunya menarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Selain peran pemerintah untuk mengembangkan Indonesia sebagai daerah tujuan wisata dunia, adalah kita, yang harus berperan aktif untuk menjaga dan melestarikannya, mengeksplorasi dan tidak merusaknya.

Berikut ini adalah beberapa peran yang bisa dilakukan untuk semakin meningkatkkan kualitas pariwisata di Indonesia.

Traveler.
Ada begitu banyak daerah di Indonesia yang masih belum dikenal oleh masyarakat secara luas yang menyimpan kekayaan dan bisa menjadi daerah tujuan wisata alternatif. Goa Jomblang, Desa Sawarna, Goa Buniayu, Pantai Papuma, dan Pulau Komodo beberapa tahun lalu mungkin hanya dikena oleh penduduk setempat. Keberadaan traveler yang terus mengeksplorasi berbagai pelosok nusantara mempunyai peranan yang sangat penting bagi pariwisata nasional.

Traveler. Fotografer.
Bepergian ke sebuah daerah dan mengabadikannya melalui media foto kini semakin mudah dilakukan. Hampir semua pengguna ponsel membawa kamera di sakunya, dan harga kamera digital semakin bersahabat dengan kualitas yang baik. Ketika tiba kembali di daerah asal dan menunjukkan pada keluarga dan kerabatnya, daerah tadi akan semakin dikenal dari mulut ke mulut.

Traveler. Fotografer. Blogger.
Akan lebih lengkap jika kedua hal tadi dipadukan dengan kegiatan menulis blog melalui media Internet atau yang dikenal dengan blogging. Informasi keberadaan daerah wisata lengkap dengan foto, ulasan, dan beragam informasi lainnya dapat diakses secara luas oleh jutaan pengguna internet di dunia, tidak lagi dibatasi oleh letak geografis. Wisatawan dapat mencari informasi sebelum pergi ke daerah wisata tujuannya, dia juga dapat memperoleh informasi lainnya yang perlu dipersiapkan agar tidak berbenturan dengan budaya lokal yang akan ditemuinya nanti.

travel-bloggers-indonesia

Travel Bloggers Indonesia (TBI) merupakan sebuah komunitas blogger traveler asal Indonesia untuk berbagi tentang catatan perjalanannya sehingga dapat bermanfaat bagi traveler lainnya. Bergabung dengan komunitas ini menjadi salah satu kontribusi dari situs ini untuk terus memajukan pariwisata di Indonesia, berbagi dengan jutaan orang di dunia tentang keindahan alam, budaya, adat istiadat dan daerah tujuan wisata dari berbagai tempat di Indonesia.